Tuesday, November 29, 2016

im

Aplikasi Desain Grafis yang Patut Anda Coba

Aplikasi Desain Grafis yang Patut Anda Coba.Perkembangan zaman telah membawa dampak yang besar terhadap kehidupan manusia di berbagai sektor. Salah satu sektor yang paling terkena dampak adalah sektor ekonomi. Dengan dicanangkannya pasar bebas, persaingan di dunia kerja dan pasar semakin ketat. Sehingga menjadi sebuah tuntutan untuk bisa terus bertahan atau malah habis tergerus dan tersisihkan dari persaingan.

Untuk bisa terus bertahan di tengah sengitnya persaingan, seorang harus memiliki inovasi di setiap waktunya. Hal ini bertujuan agar apa yang dipasarkan terus diminati oleh masyarakat luas. Jika tidak demikian, maka orang akan semakin tersisih dari persaingan dan akhirnya hanya akan menjadi pembebek dengan orang lain. Lain halnya jika kita mampu berinovasi. Kita akan mampu bersaing meski persaingan tidak bisa dihindarkan.
Salah satu bentuk inovasi yang patut dipertimbangkan adalah inovasi di bidang periklanan. Seseorang yang bisa menguasai bidang periklanan dengan melakukan inovasi tiada henti, akan mampu bertahan daripada orang yang selalu berpegang teguh pada tradisi lama. Benuk inovasi di bidang periklanan tersebut bermacam-macam, salah satunya bagaimana iklan itu dapat dilihat oleh konsumen dan menarik perhatian. Iklan yang menarik salah satu cirinya adalah memiliki desain yang bagus dan menarik pula baik berbentuk grafis ataupun video. Tidak bisa dibayangkan jika seseorang hanya berpegang pada tradisi lama dan tak mau melakukan inovasi termasuk di bidang desain. Sebagai contoh kecil, banyak perusahan besar baik di bidang elektronik maupun informasi yang akhirnya mengalah karena kalah bersaing dengan kompetitornya dalam hal inovasi. Jika perusahaan besar saja bisa jatuh, bagaimana kita yang masih pemula?
Berangkat dari kasus di atas, maka dunia desain grafis pun juga berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan, banyaknya tuntutan hidup yang memerlukan desain grafis sebagai pelengkap. Mulai dari pelaku bisnis sampai instansi pendidikan tak bisa lepas dari dunia desain grafis baik sebagai keperluan iklan atau lain sebagainya. 
Untuk anda yang ingin terjun langsung kedunia desain, maka sangat perlu bagi anda untuk mengetahui Aplikasi Desain Grafis yang Patut Anda Coba. Namun, sebelum anda memilih aplikasi, sebaiknya terlebih dahulu anda harus paham jenis gambar yang ingin anda olah. Jenis gambar yang dimaksud apakah vektor atau bitmap. Karena perlu diketahui terdapat perbedaan gambar vektor dan bitmap. Jika sudah, maka langsung saja kita bahas Aplikasi Desain Grafis yang Patut Anda Coba.
1. Adobe Photoshop
http://dprdesain.blogspot.com/
Tampilan Utama Photoshop
 Adobe photoshop merupakan produk dari perusahaan Adobe. Aplikasi desain grafis photoshop ini dikembangkan oleh John Knoll dan Thomas Knoll yang selanjutnya lisesnsinya dibeli oleh Adobe. Gambar yang dihasilkan berbasisi bitmap Aplikasi ini sangat terkenal di seluruh dunia. Meski awalnya aplikasi ini hanya untuk digunakan untuk mengedit dan memanipulasi foto, namun seiring dengan inovasi yang dilakukan terhadap aplikasi desain grafis ini, aplikasi ini sudah bisa digunkan untuk membuat desain yang beragam.
Aplikasi grafis ini sangat mumpuni dalam pengelolaan layer. Hal ini menjadikan aplikasi desain grafis ini mampu menghasilkan gambar veksel (bitmap) dengan baik. Selain itu, photoshop ini kaya akan warna sehingga desain kompleks sekalipun bisa diolah di sini.
Dibalik kemewan dan tool lengkap yang disediakan aplikasi densain grafis photoshop ini, tentu kita harus memiliki kesabaran yang lebih dalam mempelajarinya. Soalnya bagi orang yang baru mempelajari aplikasi desain grafis photoshop ini akan sedikit kebingungan karena begitu banyak tool yang harus dipahami.
2. Adobe Ilustrator
http://dprdesain.blogspot.com/
Tampilan Utama Adobe Ilustrator
Adobe Ilustrator merupakan aplikasi desain grafis yang sama dengan photoshop. Orang tua yang sama tentu membuat anaknya memiliki kesamaan. Baik aplikasi desain grafis adobe ilustrator dan photosho[ keduanya memiliki desain  onterface yang sama. Begitupula dengan kombinasi tombol untuk perintah toolnya pun samah. Dengan demikian orang yang sudah terbiasa bermain di photoshop tidak akan kesulitan bermain dengan ilustrator.
Aplikasi desain grafis adobe ilustrator ini digunakan untuk mengolah gambar vektor. Aplikasi ini banyak digunakan untuk desain logo, banner, dan sebagainya.
3. Corel Draw
Corel draw ini adalaha aplikasi desain grafis yang menjadi pesaing dari adobe ilustrator. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Adobe dari Ottawa, Kanada. Aplikasi desain grafis ini digunakan untuk mengolah gambar vektor. Hingga saat ini corel draw telah sampai di seri Corel Draw X8. Aplikasi ini banyak digunakan untuk mendukung kegiatan publikasi dan percetakan.
http://dprdesain.blogspot.com/
Tampilan Utama Corel Draw
Aplikasi desain grafis ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan pesaingnya. Harganya yang murah menjadikan Corel Draw ini menjadi favorit banyak orang. Tampilan interfacenya lebih sederhana dibandingkan dengan produk adobe. Selain itu tool-toolnya mudah dipahami sehingga orang yang baru belajar sekalipun tidak akan menemui banyak kendala dalam mempelajarinya. Karena menjadi favorit, banyak pengguna Corel Draw yang membuat komunitas sehingga ruang berbagi juga semakin banyak.
4. Ink Space
http://dprdesain.blogspot.com/
Tampilan Utama Inkspace
Jika produk adobe dan corel tadi dikenakan biaya, aplikasi desain grafis yang satu ini adalah aplikasi open source alias gratis. Meski demikian tool-tool yang dimiliki tidak kalah dengan Adobe Ilustrator dan Corel Draw. Aplikasi ini menghasilkan file dengan ekstensi SVG yang memenuhi standar XML sehingga memungkinkan dibuka dengan menggunakan aplikasi browser. Selain itu, file yang dihasilkan pun cukup ringan sehingga tidak memakan banyak tempat di ruang penyimpanan kita. Kelebihan lain yang dimiliki adalah adanya fasilitas bac up otomatis jika terjadi not responding. Tak bisa dibayangkan jika kita sudah duduk berjam-jam mengerjakan desain tiba-tiba muncul kotak dialog not responding kan? Keunggulan lainnya adalah aplikasi desain grafis ini mendukung bahasa indonesia sebagai bahasa sistem. Berbagai keunggulan ini membuata aplikasi desain grafis Ink Space ini patut anda coba.
5. Xara Designer
Xara Designer ini adalah aplikasi desain grafis yang terbilang lengkap. Mengapa demikian? Karena selain digunakan untuk editing foto dan desain, ternyata Xara Designer ini dapat digunakan untuk membuat efek flash atau animasi. Xara Designer ini tersedia dalam bentuk open source atau gratis dan bentuk komersial. Meski demikian, fiturnya tetap mumpuni sebagai aplikasi desain grafis.
http://dprdesain.blogspot.com/
Tampilan Utama Xara Designer
Xara Designer ini mendukung plug in Adobe Photoshop. Keunggulan ini menjadikan xara designer mampu menghasilkan gambar vektor dengan efek visual yang menakjubkan. Selain itu, aplikasi ini juga terkenal dengan kemudahannya bagi pemula yang ingin belajar desain grafis. Berbagai keunggulan yang dimiliki Xara Designer ini menjadikannya patut dijadikan sebagai aplikasi desain grafis yang patut anda coba.
6. Serif Draw Plus
http://dprdesain.blogspot.com/
Tampilan Utama Serif Draw Plus
Aplkasi desain grafis yang patut anda coba selanjutnya adalah Serif Draw Plus. Apliksi ini hanya bisa dijalankan pada komputer dengan sistem operasi windows. Meski demikian,Serif Draw Plus ini terkenal dengan presisinya dalam pengeditan kurva. Selain itu, aplkasi desain grafis ini dapat pula digunakan untuk mengedit gambar menjadi 3D. Keunggulan lain yang membuat Serif Draw Plus ini patut dipertimbangkan adalah fiturnya yang powerful sehingga desainer bisa leluasa bereksperimen dengan desain mereka.
Demikianlah ulasan mengenai aplikasi desain grafis yang patut anda pertimbangkan. Tetapi perlu dipahami bahwa hal yang paling utama dalam desain adalah orang yang menjalankan aplikasi tersebut.

im

About im -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :